√ PT. Artha Barokah Jasa Abadi Nusantara | Pusat Besi Beton Terlengkap di Indonesia√ PT. Artha Barokah Jasa Abadi Nusantara | Pusat Besi Beton Terlengkap di Indonesia√ PT. Artha Barokah Jasa Abadi Nusantara | Pusat Besi Beton Terlengkap di Indonesia
0812 3350 5150
8am - 5pm
Surabaya

Cara Agar Bisa Beli Rumah Meski Gaji Kecil

  • Home
  • News
  • Cara Agar Bisa Beli Rumah Meski Gaji Kecil

Impian memiliki rumah sendiri, biasanya dimiliki oleh setiap orang. Walaupun pada kenyataannya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk bisa mewujudkannya. Apalagi, jika gaji yang didapat hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja alias gaji kecil.

Meski begitu, masih ada, kok, cara yang bisa dilakukan, jika keinginan memiliki rumah sudah mulai mengakar. Apa saja? Simak cara yang bisa Kamu lakukan agar bisa beli rumah meski gaji kecil berikut ini.

1. Mengikuti Program KPR dari Bank

Bagi masyarakat dengan gaji kecil cenderung pas-pasan, akan sulit jika ingin membeli rumah dengan sistem cash. Meskipun bisa diusahakan, tentunya akan membutuhkan waktu yang lama. Nah, jika Kamu berada dalam kondisi ini, Kamu bisa mengikuti program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank. Fasilitas kredit ini bisa membantumu untuk mendapatkan rumah yang Kamu butuhkan.

2. Menyisihkan 30% Gaji untuk Bayar DP Rumah

Ketika Kamu mengikuti program KPR, maka prinsipnya pihak bank yang membayar penuh pembelian rumah yang Kamu inginkan. Lalu, tanggung jawab pembayaran akan beralih ke pihak bank, dan dilakukan dengan cara dicicil.

Meski begitu, Kamu akan tetap dibebankan pada pembayaran DP, yaitu sekitar 20-30% dari harga rumah. Nah, untuk bisa membayar DP tersebut, Kamu bisa mulai menyisihkan 30% gaji yang Kamu dapat setiap bulannya.

3. Menggunakan Rekening Autodebit

Menabung mungkin akan sangat sulit dilakukan dengan kondisi gaji kecil. Ada saja pertimbangan yang membuat keinginan menabung, biasanya kandas di tengah jalan. Tapi, jika ingin memiliki sebuah rumah, maka Kamu harus sedikit memaksakan diri.

Nah, jika mengeluarkan uang sendiri untuk menabung terasa sulit, cobalah menggunakan rekening autodebit. Sehingga, Kamu tidak perlu repot-repot lagi menyisihkan dan memindahkan gaji ke rekening tabungan untuk DP rumah.

4. Berinvestasi

Cobalah berinvestasi untuk menyokong rencana pembelian rumah yang Kamu impikan. Investasi emas atau reksa dana bisa menjadi pilihan yang tepat. Dua jenis investasi ini memiliki risiko yang rendah, sehingga aman untuk dicoba. Jadikan investasi ini sebagai dana darurat yang bisa dipakai ketika kondisi mendesak, dan tabungan tidak mencukupi.

5. Bebas Utang

Memaksakan diri memang perlu, tapi jika Kamu masih memiliki tanggungan utang/cicilan lain, maka urungkan dulu keinginanmu membeli rumah. Siapkan dirimu ketika sudah terbebas dari utang, sehingga gaji kecil yang Kamu dapat masih bisa mencukupi kebutuhan lainnya.

6. Pertimbangkan Rumah Subsidi

Memilih rumah bagi pemilik gaji kecil memanh tidak boleh asal-asalan. Meski menghindari harga yang tinggi, tapi Kamu juga perlu mempertimbangkan lokasi dari rumah tersebut. Nah, solusinya, Kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli rumah subsidi dari pemerintah. Biasanya, rumah subsidi berlokasi di tempat yang strategis dan tentu saja harganya jauh lebih murah.

7. Jangan Boros

Jika sebelumnya Kamu bisa menghabiskan gaji untuk hal-hal yang tidak terlalu penting, maka sebaiknya jangan dilakukan lagi. Buatlah anggaran yang jelas, agar gaji yang Kamu dapat bisa dialokasikan dengan tepat. Tabungan untuk DP pun bisa Kamu isi dengan rutin.

8. Tetap Disiplin dan Konsisten

Disiplin dan konsisten! Dua kata ini harus dijadikan sebagai senjata terakhir jika Kamu ingin mewujudkan impian, untuk bisa memiliki rumah impian.

Keputusan bijak perlu dilakukan, agar impian memiliki rumah bisa terlaksana. Kamu bisa coba beberapa cara di atas, agar impian tersebut bisa segera diwujudkan. Selamat mencoba!

Previous Post
Newer Post

Leave A Comment

Cart

No products in the cart.

X